Goa Pindul, Petualangan Cave Tubing Yang Asyik Banget


ONEBETQQ WISATA - Berbicara tentang Yogyakarta memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi, saat berbicara tentang tempat wisata di Jogja yang bisa dibilang mempunyai paket komplit dan mampu memenuhi tuntutan zaman. Banyak kreasi yang diberikan untuk memanjakan wisatawan semua agar, nyaman dan ingin kembali ke Yogyakarta.Agen Domino 99 Terpercaya

Goa Pindul adalah wisata kekinian yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Bahkan, pesonanya sudah terdengar di berbagai penjuru Nusantara, sampai ke mancanegara. Pesona wisata yang bisa dibilang berbeda dari yang lain.

Sejarah Singkat Goa Pindul

Nama Goa Pindul diambil dari nama Pindul. Sementara, Pindul sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu “Pipi” dan “Kebendul” Jadi, bisa disingkat sebagai dengan nama Pindul.

Goa yang satu ini terbentuk sejak zaman dahulu, menjadi salah satu goa alami yang dimiliki oleh Gunung Kidul, diperkirakan terbentuk berjuta-juta tahun yang lalu.

Ada lagi yang akan membuat Sobat Traveller semua sedikit berbangga dengan Goa ini. Stalaktit yang dimilikinya menjadi yang terbesar ke 4 di dunia.

Cukup mengesankan bukan, negeri ini punya bentang alam yang mengesankan dan bahkan mampu menembus dunia.

Tempat ini awalnya dijadikan warga sebagai aktifitas harian seperti mandi, cuci, memancing dan berbagai macam kegiatan yang lainnya. Salah satu alasan mengapa warga senang melakukan kegiatan tersebut di Goa ini karena, kondisi air yang bersih dan tidak tercampur dengan limbah-limbah yang membuat kondisi air ini menjadi kotor.

Ikan-ikan yang menggemaskan pun ada banyak disini. Bahkan, ada beberapa warga yang memanfaatkan ikan-ikan ini sebagai lauk, ditambah dengan sambal dan nasi yang hangat, membuat siapa pun pasti akan melahap makanan ini. Apalagi, cara memasaknya dibakar dengan bumbu-bumbu yang khas, pasti akan menambah nafsu makan.

Goa ini pun juga diliputi oleh sebuah Legenda yang berkembang di Masyarakat. Legenda itu bercerita tentang dua orang utusan dari panembahan senopati yaitu Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan yang diutus untuk membunuh bayi yang sedang dibawanya. Hanya saja bayi yang menggemaskan itu pun meluluhkan hati keduanya. Sehingga, mereka pun mengurungkan niatnya untuk membunuh bayi tersebut.

Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan yang berada di puncak ketinggian berniat untuk memandikan bayi tersebut. Kemudaian, Ki Juru Mertani menginjakkan kakinya ke tanah yang kemudian, membentuk sebuah lubang. Dibawahnya terdapat aliran arus air yang begitu jernih. Mereka berdua pun memandikan bayi tersebut.

Pada saat memandikan, pipi bayi itu terbentur salah satu dinding Gua. Sehingga, dinamakanlah Gua Pindul. Nama itu pun tidak pernah berubah dan terus dipakai sampai turunan-turunan berikutnya, hingga saat ini.

Daya Tarik Goa Pindul

Tempat ini menjadi wisata andalan Yogyakarta yang pamornya terus melejit bagaikan roket yang terbang dengan kecepatan tinggi. Di sepanjang goa ini ada aliran air yang begitu jernih dan pastinya juga dingin.

Tetapi, inilah yang menjadi daya tarik Goa pindul yang mewajibkan Sobat Traveller semua untuk melakukan aktifitas Cave Tubing.

Apakah itu Cave Tubing? Istilah keren dari Cave tubing adalah susur sungai dengan menggunakan pelampung dengan tingkat keamanan sesuai dengan standar Internasional. Jadi, bukan rafting seperti yang ada di magelang. Karena, kalau rafting memerlukan arus air yang cukup deras. Sementara, arus air disini cukup tenang.

Jangan kaget bila di tempat ini banyak kelelawar yang akan terbang ke sana kemari. Seperti, sebuah sambutan selamat datang untuk para wisatawan semuanya. Kelelawar ini akan berkolaborasi dengan ornament gua yang akan terlihat seperti sebuah lukisan.

Ada sebuah ruangan yang cukup menarik untuk disimak. Tempat yang biasanya digunakan untuk Tim SAR masuk.

Ruangan ini mempunyai sebuah lubang yang memungkinkan untuk sinar matahari masuk ke dalamnya. Sehingga, memunculkan sebuah pemandangan yang fantastis. Tempat inilah yang biasa dipakai sebagai salah satu spot foto para wisatawan.

Panjang kawasan wisata ini kurang lebih 350 meter dengan lebar mencapai 5 meter. Cukup panjang bagi Sobat Traveller semua yang takut dengan air karena tidak bisa berenang.

Jangan takut bila sudah berani mengunjungi tempat ini. Karena, Sobat Traveller semua tidak akan sendiri, akan ada pendamping yang siap membantu dan sudah terlatih dengan sangat sigap bila, Sobat Traveller semua terjadi apa-apa.

Ada 3 zona yang akan dilalui oleh wisatawan semuanya. Zona tersebut adalah Zona terang, Zona remang, dan juga Zona gelap. Dimana perjalanan akan dimulai dari Zona Terang. Kemudian memasuki Zona remang. Hingga akhirnya, memasuki Zona gelap yang mengesankan dan mampu membuat jantung Sobat Traveller semua berdebar serasa mau copot.

Bukan Indonesia namanya bila tidak ada sebuah mitos. Untuk tempat ini, konon katanya jika, wisatawan terkena tetesan air staglagtit ini maka, wisatawan semua akan awet muda. Dan akan menambah kecantikan yang ada pada diri perempuan tersebut. Jika, yang terkena adalah laki-laki maka, air tersebut mampu meningkatkan vitalitas.

Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts