5 Kuliner Tradisional Jogja yang Enaknya Bikin Ketagihan


Domino 99 Terpercaya  - Jogja tidak hanya terkenal akan wisata budayanya. Makanan khas kota ini juga nikmat dan menggoda. Tentu, tak lengkap jika berkunjung ke sini tanpa mencicipinya. Lalu apa dan di mana saja sih kuliner Jogja yang enaknya bikin ketagihan? Berikut 25 kuliner tradisional Jogja rekomendasi dari Travelingyuk.Domino 99 Terpercaya

1. Sate Klathak Pak Bari
Sate Klatak Pak Bari [image source]
Berbeda dari sate biasanya, hidangan yang berasal dari Bantul ini memiliki cara memasak yang unik. Bukan bambu, daging ditusuk dengan besi sehingga bagian dalamnya ikut terpanggang rata. Kuliner yang memiliki ukuran tiga kali lebih besar dari sate lainnya ini mudah kamu temukan karena cukup populer. Salah satunya Sate Klatak Pak Bari, warung yang pernah menjadi tempat syuting AADC 2.

2. Gudeg Yu Djum
Gudeg Yu Djum [image source]
Siapa yang tak kenal dengan kuliner lezat dengan cita rasa manis ini? Di balik namanya yang tersohor, ternyata penjualnya juga banyak. Tak heran jika banyak wisatawan yang dibuat bingung untuk menentukan pilihannya. Nah, salah satu yang populer adalah Gudeg Yu Djum. Selain porsinya banyak, rasa gudegnya pun tak perlu ditanyakan. Selain bisa makan di tempat, kamu juga bisa membeli gudeg kalengan di sini. Bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh kan?

3. Mie Lethek Mbah Mendes
Mie Lethek Mbah Mendes [image source]
Lethek atau letek berarti kotor. Namun nama itu disematkan bukan karena mie-nya kotor, melainkan warnanya yang hitam pekat. Variannya beragam, ada yang rebus, goreng, serta dicampur dengan nasi goreng. Aroma olahan bumbu menyeruak begitu bawang putih, kemiri, merica, dan garam mulai ditumis. Masakan makin lezat dengan tambahan suwir daging ayam jago kampung. Salah satu warung mie lethek yang cukup populer ada di Jalan Margo Utomo No.22, Gowongan, Jetis. Namanya, Mie Lethek Mbah Mendes.

4. Bakmi Mbah Mo
Bakmi Jawa Mbah Mo [image source]
Bakmi Jawa merupakan makanan khas di Jawa Tengah dan Jogja. Dimasak sederhana di atas anglo dengan bumbu rempah membuat citarasanya istimewa. Kuliner yang disajikan bersama suwiran daging ayam kampung serta telur ini sangat mudah ditemukan. Salah satu yang paling terkenal adalah Bakmi Mbah Mo di Desa Code, Trirenggo, Bantul.

5. Mangut Lele Mbah Marto
Mangut Lele Mbah Marto [image source]
Sajian lokal memang menggoyang lidah. Apalagi jika mencoba mangut lele racikan Mbah Marto. Kuliner enak ini bisa kamu temukan di daerah belakang ISI Yogyakarta, tepatnya Ngireng-ireng, Sewon, Panggungharjo, Bantul. Seporsi mangut berisi nasi, sambal goreng krecek, serta lele yang diberi bumbu mangut. Rasanya sedap karena dimasak menggunakan tungku sederhana.

Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts