5 Kuliner Legendaris Solo yang Sudah Eksis Sejak Puluhan Tahun Lalu


ONEBETQQ KULINER - Kota Solo terkenal memiliki banyak destinasi wisata sejarah dan budaya. Selain destinasi wisata yang beragam, kota Solo juga memiliki daya tarik tersendiri di bidang kuliner. Kebanyakan kuliner yang ada di kota Solo adalah merupakan kuliner yang sudah bertahan selama puluhan tahun. Namun walaupun sudah diwariskan dari generasi ke generasi, para penerus tetap mempertahankan resep asli. Jadi soal rasa dijamin tetap asli dan otentik, tidak ada yang berubah.

Kalau kamu berkesempatan mengunjungi kota Solo, jangan lupa ya mengunjungi 10 tempat kuliner legendaris berikut ini ya.Agen Domino 99 Terpercaya

1. Timlo sastro
Timlo sastro yang juga dikenal dengan nama Timlo Sastro Balong ini berlokasi di salah satu sudut Pasar Gedhe Kota Solo. Seporsi timlo sastro komplit ini isinya terdiri dari potongan hati ampela, telur pindang dan sosis solo dengan kuah yang bening.

Warung makan Timlo Sastro ini sudah buka sejak tahun 1952 lho, karena itu warung ini juga sudah terkenal banget di kota Solo. Kalau kamu ingin menikmati lezatnya Timlo Sastro, kamu bisa mengunjungi warung ini dari jam 06.30 hingga jam 15.30 WIB

2. Selat solo Mbak Lies
Warung selat ini sudah berdiri sejak tahun 1985 oleh Wulandari Kusmadyaningrum (dikenal dengan nama panggilan mbak Lies) dan warung ini merupakan salah satu tempat makan yang sangat terkenal. Tampilan makanan ini mirip dengan salad karena banyak diisi dengan sayuran, dan memang nama 'Selat' merupakan plesetan dari kata 'Salad'.

Sesuai dengan namanya, Selat Solo ini terdiri dari daging sapi yang diberi kuah manis dan gurih, disajikan dengan kentang goreng dan sayuran rebus. Warung Selat Solo Mbak Lies ini terletak di Jalan Veteran, gang II no. 42, Serengan, Solo. Buka mulai jam 8 pagi hingga 5 sore.

3. Tengkleng klewer Bu Edi
Tengkleng merupakan hidangan khas Solo yang mirip dengan gulai dan berisi daging kambing. Di zaman dahulu, tengkleng ini identik dengan makanan orang miskin karena masakan ini hanya berupa tulang dengan sedikit daging. Namun saat ini, Tengkleng sudah menjadi makanan kegemaran banyak orang dari berbagai lapisan.

Kalau kamu penasaran pengen mencicipi kuliner legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1971 ini, kamu bisa datang ke pasar Klewer. Tengkleng Bu Edi buka setiap hari mulai jam 1 siang dan biasanya sudah habis hanya dalam waktu 2 hingga 3 jam saja.

4. Sate kere Yu Rebi
Namanya makanan yang satu ini kedengarannya unik dan aneh ya? Sate kere terbuat dari tempe gambus dan jerohan sapi. Seperti sate pada umumnya, seporsi sate kere juga disajikan dengan sambal kacang dan potongan lontong. Warung Sate kere Yu Rebi ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1986, jadi soal rasa tidak perlu diragukan lagi.

Kalau kamu penasaran ingin mencoba kuliner legendaris ini, kamu bisa datang ke warung Sate Kere Yu Rebi yang terletak di belakang Stadion Sriwedari Solo. Warung ini buka mulai jam 10.00 WIB hingga 21.00 WIB..

5. Serabi Notosuman
Ini merupakan salah satu kuliner yang sudah melegenda banget. Serabi ini sudah ada sejak tahun 1923 di Jl Mohammad Yamin No 28, Solo. Namun saat ini Serabi Notosuman sudah memiliki banyak cabang yang tersebar dimana-mana.

Terbuat dari campuran tepung beras dan santan yang diaduk menjadi adonan serabi kemudian, adonan tersebut dimasak di atas cetakan bulat kecil menggunakan tungku. Serabi Notosuman punya dua varian rasa, polos dan coklat. Dua-duanya rasanya dijamin enak. Kalau kamu ingin membeli Serabi Notosuman, kamu bisa datang mulai jam 7 pagi.

Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts