5 Jajanan Khas Asia Ini Emang Murah, tapi Yakin Mau Coba?

ONEBETQQ KULINER Sepertinya gak bakal seru ya kalau kamu jalan-jalan ke luar negeri tanpa mencicipi jajanan murah. Makum deh, suatu negara, apalagi negara-negara di Asia, punya jagoan jajanan murahnya sendiri-sendiri.

Jajanan ini bisa disebut murah karena kalau di-Rupiah-kan harganya paling mahal cuma Rp 14 ribu. Ada juga yang cuma Rp 2.000.

Tapi masalahnya, makanan-makanan ini cukup ekstrem. Emang sih ada yang bilang walau ekstrem, kandungan gizinya tinggi banget.

So, tanpa berlama-lama lagi, inilah lima jajanan murah di dunia yang bikin kamu merinding dan berpikir puluhan kali buat mencicipinya.

1. Balut – Rp 14 ribuan
Jajanan murah yang pertama ini pasti udah sering kamu lihat di televisi atau Youtube deh.

Balut adalah telur yang kalau dibuka isinya adalah embrio itik yang udah berbentuk. Udah kelihatan tuh matanya, paruhnya, dan badannya.

Cara makannya, yaudah tinggal dimakan aja.Domino 99 Terpercaya 

Jajanan ini populer di Filipina, Vietnam, dan Kamboja. Meski menjijikkan, makanan yang satu ini dipercaya bisa meningkatkan gairah seksual, kaya protein pula.

Balut bisa ditemukan di toko kaki lima saat malam hari. Biasanya disajikan sepaket dengan bir.

2. Flaming Paan – Rp 4 ribu-10 ribuan
Kalau yang ini asalnya dari Mumbai, India. Flaming Paan atau Fire Paan adalah rempah-rempah, mukhwas, buah-buahan kering, dan gula yang dibungkus daun sirih lalu disuapkan langsung ke mulut.

Tapi, sebelum dimasukkan ke mulutmu, daunnya dibakar dulu sampai apinya membara.

Kabarnya nih, mengunyah jajanan murah berapi itu ada manfaatnya. Salah satunya adalah meningkatkan stimulasi otak hingga menyembuhkan batuk, pilek, dan pusing-pusing.

Flaming Paan kabarnya juga bisa menyegarkan pernapasan lho.

3. Tarantula goreng – Rp 14 ribuan
Jajanan yang satu ini bisa kamu temukan di Kamboja. Harganya juga gak mahal-mahal baget, cuma Rp 14 ribuan buat satu ekor.

Laba-laba raksasa ini digoreng dengan campuran gula, garam, serta minyak. Rasanya gurih, kalau dikunyah sensasinya seperti makan kerupuk.

Makanan yang satu ini cukup populer terutama waktu musim hujan. Soalnya, saat itu emang banyak banget tarantula yang berseliweran keluar dari sarangnya.

4. Kalajengking goreng – Rp 8.600
Kalau di Kamboja ada tarantula yang digoreng, di Bangkok, Thailand, ada kalajengking yang dimasak pakai metode yang sama.

Jajanan murah yang satu ini punya sejarah yang unik. Kalajengking goreng muncul saat Negeri Gajah Putih itu dilanda wabah kekeringan dalam periode yang cukup lama. Petani yang sulit mencari sumber air buat sawahnya malah memburu kalajengking buat dimakan.

Soal rasa, katanya sih hewan beracun ini enak dan bergizi. Terutama kalau dicocol pakai sambal yang juga khas.

5. Telur rebus kencing – Rp 2.100
Aduuuuhhh… makanan apa ini ya? Dari namanya aja udah bikin merinding.

Telur rebus kencing adalah jajanan murah yang berasal dari Zhejiang, China. Seperti namanya, telur ini direbus pakai air kencing bocah-bocah sekolah di bawah 10 tahun.

Jangan ditanya ya gimana cara mengumpulkan urin tersebut. Itu sih urusan si penjual.

Ada kepercayaan, yang makan telur rebus ini gak bakalan kena stroke. Gak tau deh apa itu sekadar mitos atau emang udah pernah ada yang menelitinya.

Itulah lima jajanan murah ekstrem di Asia yang bikin melongo. Jadi, kalau ada kesempatan, apa kamu berani makan makanan ini?

Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts