Deretan Tempat Wisata di Tanjung Balai


ONEBETQQ WISATA - Mencari rekomendasi tempat wisata di Tanjungbalai? Jika ya berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi ketika berwisata kesana.Agen Domino 99 Terpercaya

Sungai Asahan
Tanjungbalai merupakan salah satu kota yang ada di Sumatra Utara. Kota ini meski merupakan kota kecil tapi memiliki salah satu ikon berupa sungai terpanjang di Sumatra Utara. Sungai ini adalah Sungai Asahan. Sungai Asahan merupakan salah satu sungai yang ada di sumatra utara. Sungai ini cukup tenang karena lokasinya memang dekat dengan muara. Meski begitu, sungai ini merupakan sungai yang sangat populer sebagai sungai terbaik nomor 3 di dunia sebagai sungai untuk kegiatan olahraga rafting. Tapi karena di daerah Tanjungbalai sungai ini dekat dengan muara, kegiatan yang paling asyik untuk dilakukan adalah kegiatan berperahu atau memancing.

Jembatan Tabayang
Selain memiliki sungai terpanjang, Tanjungbalai juga memiliki sebuah jembatan yang merupakan jembatan terpanjang di Sumatra Utara. Jembatan ini adalah jembatan Tabayang. Jembatan Tabayang merupakan jembatan yang digunakan untuk melintasi sungai asahan. Panjangnya mencapai 600 meter. Jembatan ini selain sangat bermanfaat untuk masyarakat juga merupakan sebuah tempat wisata yang sangat menarik terutama di kala senja. Indahnya kilau matahari terbenam akan memantul ke permukaan sungai dan membuat pemandangan di jembatan ini menjadi sangat memukau. Tidak heran jika jembatan ini dijadikan salah satu tempat wisata bagi kaum muda-mudi di sore hari. Bersama dengan itu, anda yang datang ke jembatan ini di sore hari juga akan menemukan banyak jajanan seperti kacang rebus, roti dan masih banyak yang lainnya.

Vihara Tri Ratna
Untuk anda yang menyukai wisata ke tempat yang unik, salah satu lokasi wisata rekomendasi untuk anda adalah Vihara Tri Ratna. Vihara ini merupakan sebuah tempat Ibadah untuk pemeluk agama Budha terbesar yang bisa di temukan di Tanjungbalai. Yang menarik dari Vihara ini bukan hanya gelarnya sebagai tempat ibadah paling besar tapi juga karena arsitekturnya yang kental dengan negara tirai bambu cina. Vihara ini diresmikan pada tahun 2009, tapi meski masih baru, vihara ini merupakan vihara yang sangat populer sebagai tempat wisata.

Kelenteng Dewi Samudera
Satu lagi tempat ibadah di Tanjungbalai yang banyak diminati sebagai rekomendasi tempat wisata di Tanjungbalai, ia adalah Kelenteng Dewi Samudera. Kelenteng ini juga diresmikan pada tahun 2009 dan memiliki khas china seperti Vihara Tri Ratna. Ia juga merupakan salah satu tempat ibadah terbesar di Sumatra utara sehingga banyak dikagumi dan digunakan sebagai tempat wisata.

Masjid Raya Sultan Ahmadsyah
Selain tempat ibadah budha dan juga konghuchu, di Tanjungbalai anda juga bisa melihat keindahan peninggalan sejarah. Ia adalah Masjid Raya Sultan Ahmadsyah. Masjid ini disebut sebagai peninggalan sejarah karena dibangun pada masa pemerintahan sang sultan, tempatnya pada tahun 1888. Masjid ini sangat dihormati karena merupakan satu-satunya bangunan yang merupakan peninggalan sejarah pada masa tersebut. Untuk anda yang penasaran dengannya, anda bisa mengunjungi masjid ini di jalan masjid di kelurahan Indra Sakti, Tanjungbalai.

Rumah Balai
Jika masjid raya merupakan peninggalan dari pemerintahan di masa lampau, tempat atau bangunan ini merupakan salah satu tempat yang tidak kalah bersejarahnya. Hal ini disebabkan karena bangunan ini berhubungan dengan asal usul dari tanah Tanjungbalai sendiri, ia adalah Rumah Balai. Rumah Balai yang berada di kelurahan Indra Sakti ini merupakan sebuah rumah yang disebut sebagai replika dari sebuah balai. Balai tersebut merupakan asal usul dari nama Tanjungbalai sendiri. Rumah ini disebut sebagai asal usul nama dari Tanjungbalai karena rumah ini disebut balai di ujung tanjung atau kemudian disebut sebagai tanjung balai.

Istana Asahan
Jika anda penggemar sejarah, anda pasti akan sangat senang bertandang ke Tanjungbalai ini. Hal ini disebabkan karena kota ini memang sarat sekali dengan sejarah. Selain Rumah Balai dan juga masjid raya peninggalan Sultan Ahmadsyah, ada satu lagi tempat wisata yang berhubungan dengan sejarah yang bisa anda temukan di Tanjungbalai ini. Ia adalah Isatana Asahan. Istana ini sebetulnya bukan merupakan istana asli, tapi merupakan bangunan replika dari Istana Asahan asli yang ada di Jalan bendang. Bangunan dari Istana Asahan ini dibuat replika karena bangunan asli telah dirobohkan dan di alihfungsikan menjadi sebuah ruko.

Lapangan Pasir
Selayaknya kota-kota yang lain, Tanjungbalai juga memiliki sebuah alun-alun. Alun-alun kota Tanjungbalai ini juga memiliki banyak fungsi, seperti untuk pesta rakyat atau untuk pesta hari kemerdekaan. Ia memiliki sebuah podium yang memiliki bentuk cangkang yang merupakan salah satu ikon dari kota Tanjungbalai.

Wisata pulau kecil Sungai Asahan
Selain memiliki tempat-tempat wisata bangunan-bangunan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Tanjungbalai juga memiliki daya tarik alam berupa pulau-pulau kecil yang ada di Sungai Asahan. Pulau ini adalah pulau yang terbentuk karena material yang terbawa aliran sungai. Jika anda mengunjunginya anda akan mendapatkan pantai-pantai kecil dengan pasir putih dan air tawar.

Waterboom Tanjungbalai
Untuk anda yang berwisata ke Tanjungbalai bersama dengan anak-anak, satu rekomendasi tempat wisata di Tanjungbalai yang paling tepat untuk anda adalah waterboom Tanjungbalai. Di sana anda bisa menikmati bermain air sepuasnya dengan air tawar hanya dengan membayar sebanyak 20.000 saja. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata populer dan mengasyikkan untuk anda yang datang bersama dengan anak-anak atau tidak. Tentu saja akan cocok untuk anda yang sudah bosan melihat kota dan lautan yang ada di Tanjungbalai bukan?

Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts