5 Rekomendasi Tempat Wisata di Ambarawa Terbaru 2019


ONEBETQQ WISATA - Jika kamu sedang berlibur ke Semarang, tidak ada salahnya jika berkunjung ke daerah pinggiran Selatan Semarang. Sebuah daerah di Semarang yang mempunyai banyak destinasi liburan menarik yang bisa kamu jelajahi, yaitu Ambarawa.Agen Domino 99 Terpercaya

Ambarawa sendiri merupakan sebuah Kecamatan yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Semarang. Daerah ini terkenal dengan sejuknya hawa karena berada di daerah pegunungan. Berbeda dengan cuaca di Kota Semarang, sangat panas saat siang hari.

Di Ambarawa, kebanyakan tempat wisata yang akan kamu jumpai yakni tempat bersejarah. Yang di dalamnya berisi peninggalan sejarah yang perlu digali lebih dalam agar menambah pengetahuan. Selain tempat bersejarah, terdapat pula tempat rekreasi yang menyajikan pesona alam yang indah khas Semarang.

1. Rawa Pening
 Tempat wisata alam ini sangat identik dengan kota Semarang, Rawa Pening namanya. Sebuah danau yang memiliki luas sekitar 2.670 ha. Danau ini sendiri terletak di antara 4 Kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan juga Banyubiru.

Pengunjung yang mendatangi tempat ini akan melihat birunya danau dihiasi dengan banyaknya tanaman enceng gondok di setiap sudutnya. Banyaknya tanaman enceng gondok yang berada di setiap sudut danau di nilai sangat mengganggu kenyamanan. Meskipun begitu, banyak masyarakat yang memanfaatkan tanaman tersebut untuk membuat kerajinan tangan agar bisa meraup rupiah.

Untuk dapat menuju ke tengah danau Rawa Pening ini, pengunjung bisa menunggangi perahu motor yang bisa kita sewa dengan orang yang memiliki jasa sewa perahu disekitaran danau. Suasana yang begitu indah akan terlihat saat matahari terbenam.

2. Museum Kereta Api Ambarawa
Alamat: Jl. Stasiun No. 1, Ambarawa, Jawa Tengah

 Pada jaman dahulu, Ambarawa merupakan sebuah kota militer. Pada masa kolonial Belanda, Raja Willem I menugaskan anak buahnya untuk membuat sebuah stasuin di Ambarawa yang difungsikan sebagai pengangkut tentara Belanda ke Semarang. Setelah Belanda tidak lagi berkuasa seperti dulu, tempat ini tidak difungsikan lagi sebagai pangakalan stasuin militer.

Pada tahun 1976 silam, Gubernur Jawa Tengah yang bernama Soepardjo Roestam mengalih fungsikan tempat ini menjadi sebuah museum kereta api. Di dalam museum kereta api ini, pengunjung dapat melihat-lihat koleksi lokomotif kereta api dan juga peralatan komunikasinya yang masih sangat kuno.

Di tempat ini pengunjung juga bisa menaiki kereta wisata dengan rute Ambarawa-Bedono pp serta Ambarawa-Tuntang pp. Dan Kereta api rute Ambarawa-Bedono nantinya akan melewati rel bergerigi. Di Indonesia sendiri rel bergigi hanya bisa kita jumpai di Sawahlunto dan Ambarawa saja.

 3. Kampoeng Rawa
Alamat: Jl. Lingkar Selatan KM 03, Ambarawa, Kab. Semarang, Indonesia

 Salah satu tempat wisata keluarga di Ambarawa yang wajib kamu singgahi, yaitu Kampoeng Rawa. Banyak wisatawan yang berpendapat, kalau berkunjung ke Semarang sangatlah rugi jika tidak mengunjungi Kampoeng Rawa. Memang benar, pasalnya tempat ini menyajikan pemandangan danau dan di atasnya terdapat rumah makan yang bisa kita datangi.

Menu-menu yang terdapat di rumah makan tersebut memang terbilang umum seperti rumah makan biasanya, namun suasana yang kita lihat jelas sangat berbeda. Rumah makan ini dioperasikan oleh sekelompok orang yang memiliki profesi sebagai petani dan nelayan di Ambarawa. Adapun fasilitas yang terdapat dalam Kampoeng Rawa di antarnaya seperti restoran apung, pendopo, pusat kerajinan serta tempat pemancingan.

Dari tempat ini, kita dapat melihat indahnya pemandangan Gunung Merbabu dan Telomoyo. Hal tersebut sangat lengkap saat kita merasakan sejuknya hawa dingin di sekitaran Danau Rawa Pening.


4. Objek Wisata Pemandian Muncul
Alamat: Dusun Muncul, Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang

 Berkunjung ke tempat wisata yang memiliki udara sejuk dan pemandangan yang indah memang sangatlah mengasyikan. Tetapi ada sebuah tempat yang tidak kalah asyik, yaitu sebuah objek wisata kolam renang serta pemandian air yang memiliki rasa dingin yang khas.

Tempat ini sendiri berada di Dusun Muncul, Desa Rowoboni. Agar sampai di tempat ini, pengunjung perlu menempuh berjalanan sekitar 9 km dari kota Salatiga. Dan jika kamu sedang berada di Ungaran, maka akan menempuh jarak yang lebih jauh, yakni sekitar 25 km.

Banyak yang bilang kolam renang ini cukup unik. Memang benar, pasalnya pemandangan yang cukup aneh akan terlihat jelas di dasar kolam, yakni sumber air pemandian. Jangan heran jika saat kamu berenang akan ada ikan-ikan kecil yang juga berenang di kedalaman air kolam. Uniknya lagi, air kolam renang di Pemandian Muncul ini tidak bisa dikeringkan seperti kolam renang biasanya.

Meskipun banyaknya keunikan dan keanehan, sumber air yang berada di kolam renang ini merupakan sumber air dari alam yang juga membuat air ini sangat bersih. Bahkan pengunjung bisa melihat dasar kolam dengan jelas. Segarnya air kolam renang di tempat ini rasanya bisa membuat liburan kamu sekeluarga jadi lebih menyenangkan jika berkunjung ke tempat wisata air ini

5. Benteng Fort Willem I (Benteng Pendem Ambarawa)
Alamat: Lodoyong, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

Selain musem kereta api, tempat peninggalan sejarah yang tak kalah menariknya yaitu Benteng Fort Williem I atau yang dikenal dengan Benteng Pendem Ambarawa. Dahulu, benteng ini dijadikan sebagai keperluan perang layaknya benteng-benteng pada umumnya.

Sejak tahun 2003, benteng ini difungsikan sebagai lapas. Beberapa bagian benteng disekitar tempat ini bahkan dijadikan sebagai tempat tinggal. Namun, kita tetap diijinkan untuk berjalan mengitari benteng ini untuk sekedar berfoto dan melihat-lihat suasana tempo dulu.

Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts