Taman Sari Jogja, Menyelami Sejarah Mereguk Keindahan


ONEBETQQ WISATA - Lokasi yang memiliki banyak peninggalan sejarah masa lampau kerap kali dimanfaatkan sebagai tempat wisata edukasi. salah satunya adalah Taman Sari Jogja.

Menikmati keindahan, menyenangkan, sekaligus mendidik. Bangunan bersejarah memberikan banyak informasi mengenia kejadian di masa lampau, termasuk diantaranya menanamkan kebanggaan sebagai pewaris dari peradaban agung itu. Sehingga menjadi pembelajaran berarti, bukan saja bagi masyarakat pencinta sejarah, namun juga masyarakat pada umumnya.

Yogyakarta, yang berada di jawa tengah, yang merupakan salah satu pusat perkembangan kebudayaan jawa di era klasic sampai era penjajahan, mulai sekitar abad ke-3 sampai dengan awal abad 20. Dengan akar sejarah yang panjang itu, Jogja menyimpan banyak sekali tinggalans ejarah. Termasuk diantaranya bangunan-bangunan bersejarah seperti museum, istana, alun-alun dan lain-lain.

Taman Sari Yogyakarta, merupakan salah satu bangunan milik kesultanan Yogyakarta yang difungsikan sebagai destinasi wisata. Namun selain sebagai destinasi wisata, taman sari pada saat tertentu juga masih digunakan sebagai tempat ritual oleh keluarga raja.Agen Domino 99 Terpercaya 

Dengan bentuk bangunan arsitektur ala Portugis-Jawa, bangunan di taman ini menjadi daya tarik utama. Meskipun sekarang kondisi bangunan tak lagi utuh seperti saat masih difungsikan sebagai taman kesultanan, namun tetap saja aura keindahan terpancar kuat dari bangunan bangunan di taman ini.

Taman Sari Jogja kini telah menjadi landmark bagi daerah istimewa Yogyakarta. Konsep gaya arsitektur di taman sari, berbeda dengan konsep arsitektur di dalam keraton Jogja. Hal ini karena bangunan di taman sari lebih condong tematik dengan lebih mengutamakan bagian pemandian yang memiliki julukan “Istana Air Jogja”.

Dengan adanya perbedaan gaya arsitektur ini, membuat pengunjung yang sudah terlebih dulu mengunjungi istana keraton Jogja, akan menikmati kesan beda saat mengunjungi ke taman sari. Pemandangan yang disuguhkan taman sari amat berbeda dengan di dalam keraton.

Taman Sari jogja, dahulu bukan sekedar taman rekreasi semata, melainkan juga sebagai benteng pertahanan. Ini terlihat dari tembok mesjid taman yang tebalnya mencapai 125 cm.

Alamat Taman Sari Jogja
Taman sari jogja, atau yang juga dikenal dengan nama pemandian putri, beralamat di Jalan Tamanan, Patehan Keraton, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Taman Sari Jogja
Karena Lokasi yang tidak jauh dari lokasi Keraton Jogja, taman sari jogja bisa ditempuh hanya dengan waktu 15 menit. Untuk menuju ke loasi ini terdapat banyak aksen kendaraan umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi juga tak perlu khawartir, di taman sari jogja terdapat area parkir yang memadai.

Ada dua alternatif rute yang bsia ditempuh untuk mencapai lokasi taman dari pusat kota jogja.

Rute 1.
Dimulai dari Jalan Malioboro Jogja, menuju ke arah selatan melewati Titik Nol Kilometer dan Kantor Pos lalu menuju ke selatan menuju alun-alun Utara Keraton. Kemudian belok kanan menuju Jl Ngasem, lurus saja hingga menemukan Pasar Ngasem, kemudian belok ke kiri menuju Jl Tamanan lalu sekitar 100 m.
Jika sudah menemui tembok benteng putih, kemudian bisa langsung menuju pintu masuk Taman Sari

Rute 2.
Dari pusat Alun-alun selatan bisa menuju ke arah barat melewati Jl Patehan Lor. Kemudian bisa langsung menemukan Jl Taman, lalu masuk hingga menemui Gerbang Taman Sari Jogjakarta.

Jam Buka Taman Sari Jogja
Taman Sari Jogja dibuka untuk kunjungan wisatawan mulai dari jam 8 pagi dan ditutup jam 2 siang.

Tiket Masuk Taman Sari Jogja
Tiket masuk taman sari jogja, dibedakan antara pengunjung domestik dan pengunjung manca negara. Untuk tamu domestic dikenakan tarif 5 ribu sedangkan wisatawan asing 7 ribu rupiah. Dan juga ada tiket masuk untuk kamera sebesar 2 ribu rupiah.

Objek Wisata dekat Taman Sari Jogja
Mengingat tamans ari tutup cukup siang, yakni jam 2, tentu masih ada banyak hari yang tersisa. Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan untuk mengunjungi objek wisata lain di sekitara kota jogja.

Yang paling dekat tentu adalah keraton Jogja, yang hanya berjarak 1 km ke arah utara. Kemudian ada Kebun binatang Gembira Loka Jogja yang berjarak hanya 5 km atau sekitar 19 menit saja.

Ketika senja datang, jalan malioboro dan Alun Laun selatan bsia menjadi pilihan untuk melewati senja hingga menjelang malam.

Demikianlah segelintir cerita soal keindahan jalan jalan di taman sari jogja. Semoga bisa menjadi bahan inspirasi bagi rekan rekan yang merencanakan untuk menghabiskan waktu liburannya di kota sarat sejarah, Jogjakarta.

Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts