Keindahan Curug Luhur Bogor Yang Memikat Hati


ONEBETQQ WISATA - Air terjun menjadi destinasi wisata andalan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Terdapat berbagai air terjun dengan keunikannya masing-masing, termasuk Curug Luhur di daerah Bogor ini. Sebagai wilayah yang memiliki topografi cukup tinggi dan berada di sekitar pegunungan, wajar bila Bogor mempunyai banyak obyek wisata air terjun

Istilah Curug seringkali dipakai di Pulau Jawa, baik Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur. Artinya sendiri adalah air terjun. Sedangkan nama Luhur memiliki makna ‘tinggi’. Tinggi ini mengacu pada ketinggian air terjun yang melebihi deretan air terjun lainnya.

Di samping itu, Anda juga akan melihat keunikan Curug Luhur yang belum tentu ditemukan pada air terjun lain. Ikuti terus uraian komplitnya di bawah ini untuk mengetahui ciri khas curug tersebut.

Lokasi Curug Luhur Bogor
Curug Luhur Bogor merupakan bagian dari jajaran obyek wisata air terjun yang ada di kaki Gunung Salak. Ketinggian topografinya kurang lebih 624 meter diatas permukaan laut. Sedangkan alamat lengkapnya berada di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jaraknya dari obyek wisata Kebun Raya Bogor kurang lebih 22 kilometer, sedangkan dari pusat kotanya hanya sekitar 18 kilometer saja. Agen Domino 99 Terpercaya

Waktu tempuhnya pun relatif singkat. Anda menghabiskan waktu di perjalanan tidak sampai setengah jam jika menggunakan kendaran pribadi berupa roda dua. Bila Anda memilih untuk naik mobil pribadi, tentu waktunya lebih lama. Apalagi menaiki kendaraan umum.

Rute Menuju Curug Luhur Bogor Paling Mudah
Rute atau jalur menuju obyek wisata ini dapat Anda pilih berdasarkan lokasi keberangkatan dan jenis kendaran yang digunakan. Berikut ini pilihannya:

1. Dari Bogor
Bila Anda berangkat dari Bogor, langkah yang harus dimulai adalah berjalan menuju Bogor Trade Mall (BTM).Lanjutkan perjalanan Anda menuju daerah Ciapus. Gunakanlah aplikasi Maps dari Smartphone untuk mengetahui jalan mana yang harus diambil. Setelah itu, tak lama Anda akan sampai ke Curug Luhur. Jalur ini bisa Anda lewati dengan menggunakan kendaraan pribadi.

2. Alternatif Lain dari Bogor
Alternatif lainnya yang dapat diambil selain melalui BTM ke Ciapus adalah lewat Leuwiliang. Titik start adalah dari pusat Kota Bogor. Ambil jalan ke arah Leuwiliang. Teruskan perjalanan Anda sampai ke Tenjoloya. Ikuti papan petunjuk yang mengantarkan Anda ke Curug Luhur.

3. Dari Jakarta
Rute selanjutnya adalah bagi Anda yang memulai perjalanan dari Jakarta. Atur perjalanan menuju kebun raya empang yang tembus ke Cikaret. Lalu Anda akan sampai ke daerah Ciapus. Selanjutnya Anda melewati daerah perkampungan dan akhirnya sampai ke tempat tujuan.

Jarak yang ditempuh dari Jakarta kurang lebih 76 kilometer dengan waktu sekitar 2 jam. Perjalanan yang mungkin melelahkan akan langsung terlupakan begitu melihat keelokan panorama Curug Luhur.

4. Menggunakan Transportasi Umum Dari Bogor
Rute yang terakhir adalah menggunakan transportasi umum. Silahkan Anda menunggu angkutan di depan Museum Zoologi atau BTM. Setelah itu pilih angkutan kode 03 dengan jurusan Ciapus.

Sayangnya dari Ciapus menuju titik lokasi belum ada transportasi umum lainnya. Anda bisa meminta sopir angkutan untuk mengantarkan sampai tujuan, tapi tentu dengan biaya tambahan.

Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts