Gurih Pedasnya Nasi Palekko, Kuliner khas Makassar

ONEBETQQ KULINER -Makassar selama ini dikenal dengan sajian coto, atau konronya, dan tahukah Anda bahwa Ibu Kota Sulawesi Selatan ini punya banyak sekali ragam kuliner yang patut dicoba, salah satunya Nasi Palekk

Bu Mul alias istri dari Mulyanka, Heriyanti Hadi menjelaskan bahwa Nasi Palekko memiliki makna tersendiri, yakni nasi yang berarti masak dan palekko yang berarti kwali dari tanah liat. Diberi nama demikian karena menu ini memang awalnya dimasak menggunakan kwali tanah liat.

"Tapi itu dulu, sekarang lebih ke penamaan masakan. Nasi palekko itu bebek yang ditumis dengan bumbu dasar seperti bawang putih, bawang merah dan cabai dan terkenal dengan kepedasannya,"

Bu Mul menambahkan sajian asal Pinrang ini memang merupakan resep turun temurun yang masih lestari hingga saat ini. Ia mengatakan cara memasak bebek menjadi Nasu Palekko pun sebenarnya sangat sederhana yakni merendamnya terlebih dulu dengan asam agar bau amisnya mereda sebelum menumisnya dengan bumbu-bumbu.Agen Domino 99 Terpercaya

"Yang buat khas mungkin karena penyajiannya dengan buras, songkolo atau ketan hitam yang dikukus. Aroma khas bebeknya juga terasa sehingga membuatnya rasanya lebih lezat," terang perempuan ramah ini.

Selain menu pendampingnya yang tak biasa, Nasi Palekko ini juga disukai karena kepedasannya. Bu Mul pun menerapkan level kepedasan tertentu dalam menu Nasu Palekkonya agar bisa dinikmati semua kalangan.

Level nol disajikan tanpa cabai alias tidak pedas, sedangkan level 4 disajikan dengan dua sendok cabai merah sehingga kepedasannya bisa membuat keringat bercucuran.

Dalam kesempatan tersebut Suara.com mencicipi Nasi Palekko level 4 dengan menu pendamping buras alias bubur beras atau sekilas lebih mirip dengan lontong. Tekstur daging bebeknya benar-benar lembut dengan paduan bumbu yang benar-benar meresap.

Sekilas menu ini mengingatkan saya pada rica-rica, karena pedasnya yang sangat menohok. Bagi Anda yang doyan pedas, Nasi Palekko benar-benar akan memanjakan lidah.



Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts