Mengenal Keragaman Bentuk Dan Kuliner Indonesia



ONEBETQQ KULINER -Wisata Kuliner Indonesia tidak mengenal bentuk tunggal masakan Indonesia, melainkan dalam bentuk keragaman regional yang dipengaruhi secara kearifan lokal oleh kebudayaan Indonesia serta pengaruh tradisi budaya asing.

Wisata Kuliner Indonesia yang dimaksud dalam artikel ini merupakan pengenalan katagori makanan pembuatan dari bahan pokok yang bersumber pada beras, jagung, singkong, ubi dan sagu yang semuanya ini disesuaikan kondisi lingkungan alam. Begitu pula dengan bumbu yang digunakan mengikuti selera dan kegemaran masing-masing masyarakat untuk memilih rasa pedas, asin, asam maupun manis.

Wisata di Indonesia kurang lengkap rasanya bila kita tidak melakukan wisata kuliner, dimana ada banyak tempat wisata kuliner yang menjajakan makanan khas tradisional hingga modern yang terdapat di Indonesia. Dengan mengunjungi daerah di Indonesia, kita akan banyak tahu kuliner khas asli daerah tersebut dengan berbagai corak warna dan rasa yang menghiasi beragam nama dan bentuk yang mengundang selera makan kita pada saat melakukan wisata kuliner Indonesia.

Kuliner Indonesia merupakan perwujudan beragam tradisi budaya yang berasal dari kepulauan Nusantara yang memegang tempat penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum. Dan dari pengalaman Direktori Wisata Indonesia, hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu yang berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa, dan gula aren.Agen Domino 99 Terpercaya

Sedangkan teknik memasak kuliner Indonesia diproses menurut tradisi adat dan budaya masing-masing daerah, dan terdapat pula pengaruh melalui perdagangan yang berasal dari India, Tiongkok, Timur Tengah, dan Eropa. Bentuk lanskap penyajiannya pada umumnya disajikan berupa makanan pokok dengan lauk-pauk berupa daging, ikan atau sayur di sisi piring. Sedangkan buah dan aneka minuman ikut disajikan sebagai makanan pelengkap.

Menelisik sepanjang sejarah kuliner Indonesia, negeri ini telah terlibat dalam perdagangan dunia berkat lokasi sumber daya alamnya. Teknik memasak dan bahan makanan asli Indonesia berkembang dan kemudian dipengaruhi oleh seni kuliner India, Timur Tengah, Cina, dan akhirnya Eropa. Para pedagang Spanyol dan Portugis membawa berbagai bahan makanan dari benua Amerika jauh sebelum Belanda berhasil mengusai Indonesia. Hal ini pada akhirnya membuat kuliner khas Indonesia menjadi dikenal di kalangan masyarakat luas.

Sebagai contoh masakan dari daerah Sumatera merupakan kuliner Indonesia yang sering kali menampilkan pengaruh khas Timur Tengah dan India, seperti penggunaan bumbu kari pada hidangan daging dan sayurannya, semenatara masakan Jawa berkembang dari teknik memasak asli Nusantara. Masih banyak lagi masakan khas daerah Indonesia yang bisa kita kenal dan coba.

Dengan berlibur di daerah Indonesia kita dapat merasakan keragaman cipta rasa keunikan dari masakan yang beragam dengan tradisi dan budaya masyarakatnya yang kental, hal ini dapat membuat cakrawala pengetahuan kita tentang khasanah kekayaan wisata kuliner Indonesia.

Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts