5 Wisata Indonesia Ini Punya Kolam Ikan Hias Peninggalan Zaman Kerajaan


ONEBETQQ WISATA - Pariwisata Indonesia memang beragam. Salah satu yang nggak kalah menarik untuk dikunjungi adalah wisata kolam ikan.

Apalagi kalau ternyata destinasi yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia itu sudah ada sejak zaman kerajaan. Seperti beberapa dari wisata kolam ikan di bawah ini. Dimana saja sih lokasinya?

1. Tirta Gangga

Tirta Gangga berada di Kabupaten Karangasem, Bali. Tempat ini adalah pemandian Raja Karangasem bernama Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem yang dibangun pada tahun 1948. Tapi sekarang juga jadi salah satu destinasi wisata favorit di Bali..Agen Domino 99 Terpercaya

Bangunan megah yang berdiri di atas lahan sekitar 1,2 hektar ini terbagi menjadi 2 kompleks, seperti:

    Kompleks pertama ada di bagian paling bawah dan punya kolam teratai serta air mancur
    Kompleks kedua ada di bagian tengah dan punya kolam renang
    Kompleks ketiga adalah tempat peristirahatan raja

Di sini, kamu bisa berenang maupun memberi makan ikan. Nggak cuma itu, hunting foto pun bisa dilakukan di tempat ini. Soalnya banyak spot instagenik sih.

Jarak Tirta Gangga dari pusat Kota Karangasem sekitar 13 kilometer dengan estimasi waktu kurang lebih selama 29 menit berkendara. Rute tercepatnya melalui Jalan abang-Amlapura atau Jalan Raya Ababi.

Lokasi Tirta Gangga : Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali

Jam buka : 08.00-18.00 WITA

Tiket masuk Tirta Gangga : Rp40.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Sumber Wuluh

Mojokerto memang punya daya tarik tersendiri, khususnya soal pariwisata. Selain situs candi maupun bersejarah, di sini ada destinasi yang sayang untuk dilewatkan. Sebut saja kolam Sumber Wuluh.

Konon kolam yang ada di Ngoro, Mojokerto ini termasuk salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit, lho.

Nggak cuma punya nilai estetika, tempat wisata di Mojokerto ini pun sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Utamanya terkait irigasi sawah.

Menariknya lagi, kawasan Sumber Wuluh juga jadi tempat dilaksanannya tradisi turun temurun yang ada sampai sekarang. Namanya "bedah Sumber Wuluh", dimana warga berlomba-lomba menangkap ikan berukuran besar.

Uniknya lagi, ikan mas hanya boleh ditangkap secara manual tanpa pakai alat bantu. Perlu kamu ketahui juga kalau tradisi tersebut dilakukan setiap tahun sekali sebagai bentuk syukur atas mata air yang nggak bernah habis.

Untuk bisa sampai ke wisata unik ini, kamu perlu mengunjungi Ngoro via Jalan Raya Gempol-Mojokerto.

Lokasi Sumber Wuluh : Dusun Sidorejo, Desa Wonosari, Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur

Jam buka : 08.00-17.00 WIB

Tiket masuk Sumber Wuluh : Seikhlasnya (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Embung Kledung

Wisata di Indonesia ini seakan mengajakmu terbang ke Jepang. Lihat saja pemandangan ala Gunung Fujiyama yang terpampang di foto tersebut.

Tempat wisata di Temanggung bernama Embung Kledung ini memang punya banyak daya tarik. Bukan cuma karena airnya yang jernih. Tapi ikan-ikan yang berenang di kolam juga ikut memikat.

Fungsi tempat wisata ini memang untuk penadah hujan guna keperluan irigasi. Tapi pemandangan alamnya yang cantik membuat kawasan ini jadi salah satu destinasi favorit para generasi milenial.

Belum lagi pemandangan Gunung Sindoro yang dipadukan dengan kolam alami berisi ikan-ikan beraneka warna. Pas banget untuk foto-foto.

Agar bisa sampai di lokasi, kamu perlu menuju Desa Tlahap. Dari arah jalan raya, kamu masih perlu masuk jalan kecil sejauh 200 meter lagi.

Lokasi Embung Kledung : Tlahap, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Jam buka : 06.00-17.15 WIB

Tiket masuk Embung Kledung : Rp4.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

4. Telaga Cicerem

Selain Kebun Raya Kuningan, Telaga Cicerem atau disebut juga sebagai Situ Cicerem adalah wisata recommended untukmu yang kangen dengan suasana alam.

Wisata Kuningan yang terletak di kaki Gunung Ciremai ini punya air sangat jernih. Bahkan ikan-ikan berwarna cerah juga ada di sini.

Nggak cuma bisa menikmati pemandangan, kamu juga bisa hunting foto, berenang, atau bahkan berburu kuliner.

Untuk bisa sampai ke wisata ini, kamu perlu menuju ke Bundaran Ciracas yang berada di utara Pasar Cilimus. Selanjutnya cari Jalan Mandirancan.

Sampai menemukan Tugu Macam Mandirancan, ambil arah ke Jalan Cirea-Pasawahan hingga menjumpai pertigaan menuju objek wisata Paniis.

Rute selanjutnya adalah ke Jalan Pasawahan sampai menemukan Polsek. Nggak jauh dari sini, akan ada papan petunjuk yang mengarahkanmu ke Situ Cicerem.

Lokasi Telaga Cicerem : Desa Kaduela, KecamatanPasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Jam buka : 08.00-17.00 WIB

Tiket masuk Telaga Cicerem : Rp5.000,00 (harga bisa berubah

5. Situ Cipanten

Wisata Majalengka yang berdiri di lahan dengan luas sekitar 1 hektar ini sebenarnya sudah diresmikan sejak tahun 1973. Tapi karena kurang dikelola, Situ Cipanten malah terkesan angker.

Meski begitu, sekarang Situ Cipanten justru jadi primadona. Apalagi di tempat wisata ini ada beragam spot kekinian, seperti:

    Jembatan cinta
    Perahu titanic
    Sepeda air
    Area outbond, dan lain sebagainya

Menariknya lagi, kamu nggak cuma bisa menikmati pemandangan atau hunting foto. Mau renang atau bahkan main bersama ikan-ikan pun bisa

Tertarik untuk mampir? Kamu bisa menuju ke Rajagaluh kalau berangkat dari Majalengka. Selanjutnya arahkan kendaraanmu ke Desa Salagedang dan Kecamatan Sindang.

Sebelum sampai di titik lokasi, kamu akan disambut dengan gapura. Jadi tempat wisata ini akan mudah ditemukan.

Lokasi Situ Cipanten : Gunung Kuning, Sindang, Majalengka, Jawa Barat

Jam buka : 08.00-17.15 WIB

Tiket masuk Situ Cipanten : Rp5.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Nah, itu dia kelima wisata Indonesia yang punya kolam ikan hias. Bahkan beberapa diantaranya sudah ada sejak zaman kerajaan. Gimana, masa kamu nggak tertarik untuk mampir ke sana?

Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts