Enak Banget! Ini 6 Menu Andalan Khas Kalimantan Timur yang Menggoda


ONEBET CULINER - Kalimantan Timur merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan keindahan pesona alamnya. Misalnya Kepulauan Derawan yang popularitasnya sudah mendunia. Selain itu juga ada Labuan Cermin yang punya kejernihan air sebening kaca.

Tapi kalau melancong ke sini, gak lengkap rasanya jika gak mencicipi makanan khas yang jadi andalan Kalimatan Timur. Yup, berikut ini ada beberapa menu andalan khas Kalimatan Timur yang siap menggoda lidah kalian! Agen Domino 99 Terpercaya

1. Pisang Gapit


Camilan manis yang satu ini umumnya terbuat dari pisang kepok yang dibakar di atas bara api. Ketika setengah matang, lalu pisang digeprek dengan penjepit kayu dan dibakar hingga matang dengan sempurna.

Kelezatan pisang gapit juga semakin bertambah dengan tambahan saus gula aren dan santan yang disiram di atasnya. Biasanya juga terdapat buah nangka sebagai pelengkap tambahan dalam saus gula.

2. Nasi Bekepor


Hidangan khas ini cukup sulit ditemukan di daerah Kalimantan Timur. Namun karena kelezatannya beberapa warung makan menyediakan makanan lezat tersebut.

Nasi Bepekor sebenarnya hanya dibuat menggunakan campuran nasi dengan ikan asin, tapi rasa yang dihasilkan gak main-main alias enak banget! Pokoknya kamu wajib deh cobain ini saat mampir ke Kalimatan Timur. DOMINO QQ

3. Mi Besar Banjar


Meskipun terlihat seperti mie udon khas Jepang namun rasa yang diciptakan dari mie besar banjar ini beda banget. Kuah mie ini terbuat dari kaldu dan bertekstur sedikit kental. Rasa gurih dari kuah yang menyegarkan akan semakin lengkap terasa bersama telur bebek yang disajikan di atasnya.

4. Soto Banjar


Soto dengan kuah sedikit bening dengan rasa rempah yang melimpah ini juga gak boleh ketinggalan dari daftar kalian. Soto banjar memiliki cita rasa yang kaya sehingga membuat kelezatannya berbeda dari soto lainnya. Biasanya daging ayam menjadi bahan utama dari soto banjar yang terkenal dengan rasa gurihnya tersebut. BANDAR Q

5. Sate Payau


Bahan utama yang digunakan sate payau sedikit unik, karena tidak menggunakan daging ayam, kambing atau sapi melainkan daging rusa. Kuliner ini termasuk salah satu jenis yang sudah sulit ditemukan.

Sate payau dibakar dan diberi bumbu kecap layaknya sate pada umumnya. Namun jika kamu mencicipinya, maka sensasi unik yang baru akan terasa ketika kamu mengunyah sate yang terbuat dari daging rusa tersebut.

6. Gence Ruan


Gence Ruan terbuat dari ikan gabus yang direbus lalu diberi bumbu rempah khas Samarinda. Hidangan ini biasa disajikan bersama nasi hangat dan sambal bawang dengan potongan kasar yang khas.

Nah, itu tadi beberapa kuliner yang wajib kamu coba saat ke Kalimantan Timur. Semoga bisa jadi refrensi kulinermu saat melancong ke sana ya!

Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts