Bakpia hingga Siomay, Jajanan Enak yang Namanya dari Dialek Hokkian

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Hokkian merupakan dialek bahasa yang sering digunakan oleh orang-orang dari provinsi Fujian di China. Banyak nama makanan Indonesia berasal dari kata Hokkian.

Perkembangan kuliner Indonesia, tak lepas dari pengaruh China. Sudah ada sejak abad ke-7, banyak imigran China yang mendarat di pesisir Indonesia.

Para imigran yang kebanyakan dari Hokkian ini kemudian mebawa budaya serta memperkenalkan makanan mereka, termasuk memberi nama sebutan untuk nama makanan menggunakan kata Hokkian.
Menurut budayawan sekaligus ahli kuliner peranakan Tionghoa di Indonesia, Aji Chen Bromokusumo membagikan nama-nama makanan khas Indonesia, yang berasal dari kata Hokkian


Kue tradisional yang satu ini berasal dari Jogja, dan termasuk ke dalah salah satu kuliner peranakan dari China. Nama bakpia sendiri berasal dari bahasa Mandarin, yang diucapkan menggunakan dialek Hokkian. Agen Domino 99 Terpercaya

"Bakpia terdiri dari dua kata. Bak artinya daging, tapi bukan daging babi. Sementara pia, artinya kue. Jadi bakpia merupakan kue daging. Tapi semenjak masuk di Indonesia, bak pia telah bertransformasi menjadi isian kacang hijau, cokelat, dan keju," tutur Aji Chen.


Makanan olahan ikan yang satu ini, memang jadi jajanan favorit di Indonesia. Diblur oleh kuah kacang gurih, isian daging ikan dan tepung berbalut kulit pangsit tipis yang lembut. Ternyata asal usul nama siomay cukup unik.

"Dulu orang Indonesia belum kenal siomay. Nama siomay terbentuk dari sebutan Hokkian. Shu dan mai. Shu itu artinya memasak, dan mai itu artinya menjual. Jadi siomay artinya dimasak dan dijual,"


Menurut Aji Chen setiap wilayah di Indonesia memiliki racikan mie masing-masing. Seperti mie aceh, mie bangka, hingga mie kocok. Tapi semuanya dipengaruhi oleh kuliner China.

Salah satunya jajanan populer di Indonesia, yaitu bakmi. Dulu makanan dipopulerkan oleh pedagang dari China yang ada di Indonesia. Nama bakmie terdiri dari dua bagian, bak yang artinya daging dan mi yang artinya mie. Jika di China kebanyakan bakmi menggunakan daging babi, tapi di Indonesia, daging babi diganti dengan daging ayam. BANDAR Q


Makanan asal Indonesia ini ternyata memiliki nama yang berasal dari kata Hokkian. Terdiri dari dua kata, Bak dan So, jika digabungkan artinya daging giling atau daging yang lembut.

Menurut sejarah, bakso sendiri merupakan gabungan pengaruh kuliner China dan masa kolonial Belanda. Belanda punya bola daging atau meatballs, sementara kuah dari bakso merupakan campuran kaldu yang berasal dari kuliner China.


Hidangan lumpia terkenal di Indonesia, berasal dari jajanan tradisional di China. Lumpia ini menggunakan bahasa Hokkian. Dieja sebagai lun pia, yang artinya kue bulat. Biasanya diisi dengan lembaran tipis kulit dari tepung gandum, kemudian diisi oleh sayuran, dan rebung.

Di Indonesia terdapat berbagai jenis lumpia. Seperti lumpia Semarang, lumpia Surabaya, lumpia goreng, lumpia basah, lumpia ayam, hingga lumpia sayur. DOMINO QQ


Salah satu makanan ikonik asal Indonesia ini tak luput dari pengaruh kuliner China. Meski racikan dan resepnya berbeda, tapi awalnya soto merupakan makanan yang terinspirasi dari Caudo.

Caudo ini merupakan kata dalam dialek Hokkien yang artinya jeroan berempah atau berbumbu. Di Indonesia sendiri, nama caudo ini bertransformasi menjadi soto yang dikenal luas hingga saat ini.



BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya


Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts