Daftar Makanan Khas Medan, Sumatera Utara yang Terkenal

Kuliner Medan yang Wajib Kamu Coba



ONEBETQQ KULINER -Kenapa Medan bisa jadi surga kuliner? Salah satu alasannya adalah itu tadi, banyaknya penduduk di kota ini, yang sebagian besar berasal dari etnis berbeda seperti Minang, Batak, Sunda, dan China, sehingga menghasilkan beberapa makanan khas Medan yang sangat terkenal.Agen Domino 99 Terpercaya
Bahkan, bisa dibilang bahwa Kota Medan adalah salah satu destinasi wisata kuliner terbaik di Asia Tenggara. Nah, sobat onebetkuliner udah penasaran sama makanan apa saja yang bisa kamu cicipi di Medan? simak lebih lanjut ya !

1. Bika Ambon


Bika Ambon adalah kue khas Medan sekaligus menjadi pilihan oleh-oleh yang sangat populer dari kota ini. Makanan ini terbuat dari tepung sagu, tapioka, telur, gula, ragi, dan santan. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang enak pasti bikin kamu ketagihan.
Banyak orang yang mengira bahwa Bika Ambon ini berasal dari Kota Ambon yang ada di Maluku. Namun nyatanya kue ini menjadi makanan khas Medan yang sangat terkenal dan tak boleh dilewatkan.

2. Lemang


Lemang adalah makanan yang sejatinya berasal dari Kota Tebing Tinggi, dan bisa ditempuh selama kurang lebih dua jam dari Medan. Tapi kamu tak akan kesulitan menemukan makanan yang satu ini di Kota Medan.
Lemang Medan dimasak dengan cara yang terbilang cukup unik yakni dengan dibakar di atas bara hingga matang. Tampilannya memang bisa membuat orang lapar. Jadi jangan lupa mencicipi makanan yang satu ini kalau kamu berkunjung ke Kota Medan.

3. Rujak Kolam


Rujak Kolam Medan juga wajib kamu cicipi. Di tengah panasnya terik matahari di Kota Medan, makan rujak adalah salah satu cara yang nikmat untuk menyegarkan kembali semangatmu. Disebut Rujak Kolam karena makanan ini banyak dijajakan dekat dengan Kolam Deli di Medan.
Hampir mirip dengan rujak pada umumnya, makanan khas Medan yang satu ini adalah kombinasi antara potongan buah dengan bumbu rujak. Bedanya, kacang pada bumbu Rujak Kolam tidak diulek hingga halus, sehingga masih terasa tekstur kacangnya ketika dimakan.

4. Durian Medan


Durian Medan memang bukan kuliner dalam bentuk masakan. Namun buah yang satu ini sangat terkenal bahkan hingga di seluruh pelosok Indonesia. Durian Medan terkenal karena dagingnya yang tebal dan rasanya yang sangat lezat.
Meskipun bisa kamu temukan di kota tempat kamu tinggal, namun menikmati makanan ini akan lebih afdol kalau langsung di kota asalnya. Tiga tempat untuk membeli buah ini antara lain adalah Ucok Durian, Durian Pelawi, dan Durian Si Bolang.

5. Bakso Lembu Medan


Makanan khas Medan selanjutnya adalah Bakso Lembu. Tidak jauh berbeda dengan bakso pada umumnya, hanya saja daging yang diolah untuk dijadikan bakso ini adalah daging lembu. Rasanya pun tidak kalah lezat dengan bakso sapi.
Bakso adalah salah satu makanan favorit di Indonesia. Nah, kalau kamu sedang berkunjung ke Medan, jangan lupa untuk menyempatkan mencicipi bakso dengan ciri khas Kota Medan ini. Rasanya nagih banget.

6. Lontong Medan


Makanan khas Medan yang cocok dijadikan menu sarapan untuk memulai hari adalah Lontong Medan. Menu ini terdiri dari lontong, sambal teri kacang, tauco, mie, bumbu kacang, kuah sayur, dan tentunya kerupuk yang melengkapi.
Tak jarang kamu juga akan menemukan penjual Lontong Medan yang menambahkan beberapa lauk seperti telur dan perkedel. Kamu tak akan kesulitan menemukan tempa

7. Mie Gomak


Mie Gomak sering sekali disebut-sebut sebagai spaghetti khas tanah Batak. Tak heran memang karena bentuk mienya yang cukup tebal dan teksturnya yang kenyal ketika dimakan. Ukurannya pun lebih panjang dari pasta.
Selain kamu bisa memakan Mie Gomak secara langsung, kamu bisa juga menikmatinya dengan tambahan kuah lontong atau bumbu kacang. Mie Gomak yang spesial bisa kamu cicipi di pasar Balige.

8. Soto Medan


Selain bakso, Medan juga punya soto yang mendapatkan sentuhan khas kota ini. Rasa Soto Medan juga tidak kalah dengan soto-soto yang ada di daerah lain di Indonesia. Ciri khas makanan ini adalah kuahnya yang berwarna kuning kehijauan dengan tambahan santan.
Selain itu, makanan khas Medan yang satu ini juga diolah dengan menggunakan pilihan daging yang variatif, mulai dari daging sapi, ayam, hingga udang. Untuk menyempurnakan kelezatannya, jangan lupa makan Soto Medan dengan perkedel dan rempeyek udang.

9. Bihun Bebek


Kalau kamu suka makan daging bebek, maka kamu wajib banget untuk mencicipi Bihun Bebek Medan. Menu ini menggunakan bihun sebagai bahan utamanya dengan topping irisan daging bebek yang gurih.
Kelezatan makanan khas Medan ini ada pada daging bebeknya yang dimasak dengan trik khusus, yakni direbus perlahan dengan tambahan bumbu yang tak hanya membuatnya terasa lezat, namun juga sangat harum.


Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts