Gangga, Surga Air Terjun di Lombok Utara

Gangga, sebuah kabupaten di Lombok Utara memiliki banyak air terjun. Terletak di lereng barat laut Rinjani, Gangga secara alami memiliki pemandangan alam yang indah seperti daerah lain di sekitar gunung berapi. Selain air terjun, ada juga hutan hijau yang subur dan sabana.

Gangga mungkin tidak sepopuler Senaru atau Sembalun tetapi dalam hal banyaknya air terjun, tidak ada kabupaten lain di Lombok yang bisa menandingi Gangga. Berikut adalah beberapa air terjun terbaik di Gangga, Lombok Utara.Agen Domino 99 Terpercaya

Tiu Pituq


Tiu Pituq secara harfiah berarti tujuh kolam alami. Bahkan jika air terjun ini tidak sangat spektakuler, tempat ini memang memiliki tujuh kolam: Tinggi Tiu, Tiu bawah, Ras Tiu, Tiu Bunter, Lisung Tiu, alat Tiu, dan Tiu Serungga.

Berenang pasti ada di menu di sini karena kolam di bawah air terjun biasanya dikelilingi oleh formasi batuan yang luar biasa. Ada juga beberapa platform yang dibuat oleh penduduk setempat, ideal untuk lokasi selfie.

Kerta Gangga


Terletak di Desa Genggelang, air terjun Kertagangga sebenarnya adalah tiga air terjun terpisah di lokasi terdekat. Air terjun tertinggi dikelilingi oleh tebing granit, membuatnya seperti amfiteater kecil. Aliran turun ke kolam terpencil, membuatnya menjadi tempat yang indah untuk berenang. Air terjun lainnya memiliki arus yang lebih kuat tetapi tetes yang lebih pendek.

Tiu Pupus


Tiu Pupus secara harfiah berarti 'air terjun yang mengalir melalui akar pohon'. Alirannya cukup kuat dengan setetes 50 meter, memberi makan kolam yang cukup besar. Kolam ini bisa berenang tetapi Anda harus berhati-hati karena arus bawahnya bisa kuat dan di beberapa tempat, kedalamannya mencapai 4 meter. Akses ke Tiu Pupus sangat bagus dan dapat dicapai dengan mobil, meskipun Anda masih harus berjalan beberapa ratus meter ke air terjun.

Tiu Saong and Tiu Frendo


Tiu Saong dan Tiu Frendo dapat diakses dari Desa Selelos, Gangga. Dari desa, Anda harus berjalan ke Tiu Saong melalui jalur yang telah ditentukan. Penurunan Saong tidak terlalu tinggi tetapi arusnya kuat. Kolam ini dapat dipindah-pindahkan dengan bebatuan alami sebagai batasnya.


Untuk mencapai Tiu Frendo, Anda masih perlu berjalan selama 45 menit. Berjalan santai dan Anda dapat menikmati perjalanan hutan. Tiu Frendo adalah air terjun besar yang tersembunyi, terletak di lembah sempit. Memiliki kolam yang cukup dalam dan arus yang kuat. Air kemudian mengalir ke bawah melalui lembah berliku.


Gangga tidak besar di peta pariwisata Lombok, namun kabupaten ini merupakan pilihan yang menarik, terutama bagi mereka yang mencintai air terjun. Lombok memang tidak hanya tentang pantai yang indah atau Rinjani yang megah. Berburu untuk air terjun juga bisa menjadi pilihan yang menarik

Share:

No comments:

Post a Comment

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Blog Archive

Recent Posts